Cangkir Writer
Cangkir Writer bekerja di https://www.cangkirpost.my.id/

Tips Berkebun Di Rumah Untuk Pemula

Tips Berkebun Di Rumah Untuk Pemula


Berkebun bisa dilakukan dirumah dengan alat dan bahan seadanya. dalam berkebun tentunya tidak hanya dilakukan sehari, atau dua hari saja. melainkan harus dirawat secara rutin agar tanaman tidak mati dan hasilnya sesuai dengan harapan.


Kita bisa coba menanam tanaman hias, menanam buah ataupun sayuran di rumah. media tanam yang di gunakan bisa menggunakan plastik, pot bunga, ataupun lahan kosong yang ada di sekitar rumah. Beberapa tanaman hias yang bisa kamu tanam contohnya lidah buaya, kaktus pakis, atau tanaman lainya seperti pandan dan dun sirih.


Selain tanaman hias, kamu bisa menanam sayuran seperti tomat, cabai, dan wortel. agar hasilnya bagus, kamu bisa menanamnya di pot dan di susun dengan rak khusus untuk pot. 


contohnya seperti gambar di bawah ini :


img : canva.com

Kamu bisa menempatkan rak tersebut di sudut halaman rumah, di belakang rumah, atau di depan halaman rumah sebagai hiasan. sebelum berkebun, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut :


Kualitas Tanah Yang Dipakai


Jangan gunakan tanah yang lembek dan agak basah, gunakan tanah yang sedikit berpasir namun tidak terlalu kering. nantinya tanah tersebut akan di beri pupuk agar subur. atau kamu bisa coba menggunakan tanah merah, dan di atasnya diberi pecahan batu bata kecil agar tidak kelihatan becek saat di siram air.

Jenis Tanaman Yang Dipilih


Tanaman yang dipilih juga tidak sembarangan. kamu harus menyesuaikan jenis tanaman yang dipilih dengan media tanam yang kamu pakai. jika pot yang di pakai kecil, kamu harus memilih tanaman yang tidak terlalu besar agar sesuai dengan ukuran pot yang di pakai. 

Media Tanam Yang Tepat


Sebelum menanam tanaman, pastinya kita harus punya media tanam yang akan digunakan. media tanam bisa menggunakan pot, pipa paralon yang ukuranya besar, plastik atau polybag, dan lahan halaman rumah. 


Contoh hasil yang bagus seperti gambar di bawah ini


img : canva.com
 

Tanaman yang telah di tanam juga harus di rawat secara rutin, minimal di siram air dua hari sekali agar tidak kekurangan air. posisi penepatan tanaman juga harus di perhatikan, apakah tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup atau tidak. lokasi juga harus di pertimbangkan, apakah suhu udara di lokasi tersebut terlalu lembab atau tidak.



Cangkir Writer
Cangkir Writer bekerja di https://www.cangkirpost.my.id/
Load comments